RELAY

PENGERTIAN RELAY DAN FUNGSINYA 



Relay merupakan saklar (switch) yang dioperasikan secara listrik yang termasuk komponen elektromechanical yang terdiri dari 2 bagian utama yakni elektromagnet (coil) dan mekanik (saklar).Relay menggunakan prinsip elektromagnetik untuk menggerakan kontak saklar,sehingga dengan arus listrik yang kecil (low power) dapat menghantarkan listrik yang bertegangan tinggi.
nah dalam hal ini saya akan sedikit menjelaskan lebih lanjut tentang sebuah relay yang mungkin akan berguna nantinya.

RELAY Terdiri dari 4 komponen utama :
  1. ELECTROMAGNET (COIL)
  2. ARMATURE
  3. SAKLAR
  4. SPRING
CARA KERJA RELAY:



Dari gambar di atas dapat diketahui bahwa inti besi yang dililit oleh kawat tembaga atau lilitan tersebut yang disebut coil,berfungsi untuk mengendalikan besi tersebut.saat kumparan atau coil di aliri arus listrik maka akan muncul gaya elektromagnet sehingga akan menarik armature sehingga dapat berpindah dari kondisi tertutup atau NC ke kondisi terbuka atau NO.
Dalam kondisi terbuka saklar dapat menghantarkan arus listrik.Pada saat coil tidak dialiri arus listrik maka armature akan kembali ke posisi semula dan saklar tidak dapat menghantarkan arus listrik.

FUNGSI RELAY

Ya seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa relay berfungsi sebagai saklar,tapi dalam sebuah rangkaian elektronika relay memegang peran yang sangat penting dalam sebuah rangkaian sehingga rangkaian dapat berjalan sesuia dengan program yang telah ditentukan fungsi tersebut sebagai berikut:
  1. Mengendalikan sirkuit bertegangan tinggi dengan bantuan sinyal tegangan rendah.
  2. Menjalankan fungsi logika atau logic fuction
  3. Menjalankan fungsi penundaan waktu atau delay fuction
  4. melinduingi motor atau komponen lainnya dari kelebihan tegangan atau korsleting listrik
Ya mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan mendapat berkah.Terimakasih atas kunjungannya

Penulis : ALIF NAFIS ALGHANY ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel RELAY ini dipublish oleh ALIF NAFIS ALGHANY pada hari Saturday 24 March 2018. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan RELAY
 

0 comments:

Post a Comment